Jumat, 30 November 2012

Metode Riset 9 - Penelitian Terdahulu (Proposal)


NAMA       : TUTI HANDAYANI
KELAS       : 3EA13
NPM           : 19210344

TEMA : KELAYAKAN BISNIS DALAM KELANGSUNGAN SUATU
               USAHA Foto Copy

1.6  PENELITIAN TERDAHULU
          Dalam kaitannya dengan topik penelitian kelayakan bisnis dalam kelangsungan suatu usaha foto copy adalah penelitian yag dilakukan oleh Fenti Indriani (2011) yang menganalisis tentang Studi Kelayakan Bisnis Kelangsunga Usaha Jasa Foto Copy Garuda.
Pada penelitian ini Penulis melakukan penelitian pada Foto Copy Garuda yang beralamat di Jalan Pemuda no.55 ,Kranji , Bekasi Barat. Data yang diteliti adalah Data yang diambil dalam penelitian ini berdasarkan dari hasil laporan pengeluaran dan pemasukan tahun 2012 jasa Foto Copy Garuda,  yang mengenai kelayakan investasi dapat terus dilanjutkan atau tidak . Alat analisisnya menggunakan aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen, aspek sosial dan ekonomi, dan aspek keuangan.
            Dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut: metode Payback Period diperoleh waktu 1 tahun 1 bulan 28 hari, metode Net Present Value diperoleh nilai positif sebesar Rp 12.341.975, metode Profitability Index sebesar 1,39, metode Internal Rate of Return diperoleh 28,71%. Dari hasi penelitian dari semua aspek maka kelangsungan usaha jasa foto copy Garuda ini dengan investasi sebesar Rp 31.300.000 layak untuk dijalankan.

                Pada penelitian kedua yang dilakukan oleh Wulan Olivia sari (2011) yang berkaitan dengan Analisis Studi Kelayakan Bisnis pembukaan Cabang baru Ariez.net Di Perumnas II, Bekasi Selatan. Penelitian ini dilakukan di ARIEZNET yang berlokasi di Jl Lele Raya No.58 Perumnas II, Kayuringin, Bekasi Selatan. Data yang digunakan penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah:
1.      Data Primer
Penulis melakukan studi lapangan dan wawancara langsung kepada pemilik ARIEZ.NET.
2.      Data Sekunder
Laporan aliran kas ARIEZ.NET pada bulan Februari 2012.
Alat analisisnya menggunakan aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen, aspek sosial dan ekonomi, dan aspek keuangan.
            Dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut: metode Payback Period diperoleh waktu1 tahun 1 bulan 24 hari, metode Net Present Value diperoleh nilai positif sebesar Rp 10.310.880, metode Profitability Index sebesar 1,15, metode Internal Rate of Return diperoleh 17,98%. Dari hasi penelitian dari semua aspek maka pembukaan cabang baru ariez.net di perumnas II, Bekasi Selatan ini dengan investasi sebesar Rp 66.502.000 layak untuk dijalankan.
   Pada penelitian ketiga yang dilakukan oleh Khumaelah (2011) yang berkaitan dengan Analisis Studi Kelayakan Usaha Jasa Foto Copy Batu Raden Di   Rawa Badak Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan pada Batu Raden Foto Copy yang beralamat di Jalan B Raya no.43, Rawa Badak, Jakarta Utara. Data yang diteliti adalah data berupa laporan pengeluaran dan pemasukan tahun 2011-2012 pada foto copy batu raden. Alat analisisnya menggunakan aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek manajemen, aspek sosial dan ekonomi, dan aspek keuangan.
            Dari hasil perhitungan diperoleh hasil sebagai berikut: metode Payback Period diperoleh waktu 1 tahun1 tahun 6 bulan, metode Net Present Value diperoleh nilai positif sebesar Rp. 78.578.622,-, metode Profitability Index sebesar 1.20, metode Internal Rate of Return diperoleh 25.63%. Dari hasi penelitian dari semua aspek maka Kelayakan Usaha Jasa Foto Copy Batu Raden Di   Rawa Badak Jakarta Utara ini dengan investasi Rp. 104.000.000 layak untuk dijalankan.



           
           
                                                                                           





Tidak ada komentar:

Posting Komentar