Senin, 26 November 2012

Metode Riset 3 - Jurnal 3 (Baru)

Nama          : Tuti Handayani
Kelas          : 3EA13 
NPM          : 19210344


Analisis Studi Kelayakan Usaha Jasa Foto Copy Batu Raden Di Rawa Badak Jakarta Utara
TEMA        : STUDI KELAYAKAN BISNIS
JUDUL       : Analisis Studi Kelayakan Usaha Jasa Foto Copy Batu Raden Di   Rawa Badak Jakarta Utara
OLEH         : KHUMAELAH, 2011

1.1  Latar Belakang
Pertumbuhan dan kemajuan dalam bidang teknologi berkembang dengan pesat. Banyak terdapat usaha jasa yang menggunakan teknologi canggih. Persaingan yang ketat, antar usaha jasa diperlukan suatu studi kelayakan pada suatu proyek yang tengah dijalankan. Usaha tersebut dapat berupa pengamatan apakah suatu proyek investasi tersebut dapat berhasil atau gagal. Keberhasilan studi kelayakan usaha dapat berupa penerimaan oleh masyarakat, usaha tersebut bisa dimanfaatkan secara ekonomis, dan perusahaan mendapat suatu keuntungan yang layak dari usaha tersebut.
Bentuk usaha yang dibahas dalam tulisan ini bergerak di bidang usaha jasa penggandaan dokumen yaitu usaha foto copy. Penggandaan dokumen dengan mesin foto copy banyak dilakukan baik di lingkungan kantor maupun akademis. Usaha tersebut menggunakan alat-alat seperti : mesin foto copy, mesin laminating, dan lain-lain. Foto copy juga mempunyai strategi sebagai sarana yang membantu kelancaran dalam kebutuhan para konsumen atau para pengguna jasa tersebut, sehingga kebutuhan konsumen dapat terpenuhi.

1.2  Rumusan MasalahdanBatasanMasalah
1.2.1 RumusanMasalah
ApakahpengembanganusahaFoto Copy BatuRaden Di RawaBadak Jakarta Utara layakuntukdilaksanakan?.

1.2.2BatasanMasalah
Mengingatluasnyaketerkaitanyang tercakupdalampokokpermasalahansuatukelayakaninvestasi, makapenulismelakukanpembatasanmasalahmenggunakananbanyakaspek, namunaspek yang digunakanhanyaaspekkeuangandenganmenggunakanmetode-metodepenilaianinvestasiseperti Payback Period ( PP ), Net Present Value ( NPV ), Internal Rate of Return ( IRR ) dan Profitability Index ( PI ),dimanapenilaianinididasarkanpada data-datalaporankeuangantahun 2011-2012.
1.3  Tujuan Penelitian
Sesuaidenganrumusanmasalah di atasmakatujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuisuatukelayakaninvestasimenggunakanaspekkeuangandenganmetode-metodepenilaianinvestasiseperti PP, NPV, IRR, dan PI.
2.1  Kerangka Teori
2.1.1 Pengertian Studi Kelayakan Bisnis
Studi kelayakan bisnis adalah suatu penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek dilaksanakan dengan hasil. MenurutSubagyo (2008: 7),studi kelayakan adalah penelitian yang mendalam terhadap suatu ide bisnis tentang layak atau tidaknya ide tersebut untuk dilaksanakan.
Umar (2005: 8)menjelaskanbahwa studi kelayakan bisnis merupakan penelitianterhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidak layaknya,tetapi juga pada saat dioperasionalkan secara rutin dalamrangka pencapaian keuntungan yang maksimal untuk waktu yang tidakditentukan.

3.3  Alat Analisis
3.3.1  Payback Period      
Menurut Husein Umar (2003; Hal 197), Payback Period adalah suatu periode yang diperlukan untuk menutup kembali pengeluaran investasi (initial cash investment) dengan menggunakan aliran kas, dengan kata lain payback period merupakan rasio antara initial cash investment dengan cash inflownya yang hasilnya merupakan satuan waktu. Selanjutnya nilai rasio ini dibandingkan dengan maximum payback period yang dapat diterima.
Rumus:                      

Nilai Investasi
Payback Period =                                              x 1 Tahun
Proceed

1) Investasi akan diterima, jika pembayaran kembali < periode pembayaran
kembali maksimum yang diterima.
2) Investasi akan Ditolak, jika pembayaran kembali > periode pembayaran
kembali maksimum yang diterima.
3.3.2  Metode Net Present Value
Rumus :


Keterangan :
PV Proceed = DF x Proceed
PV Outlays = Harga perolehan atau Harga beli


3.3.3  Profitability Index
Rumus yang digunakan dalam Profitability Indeks :


Kriteria penilaian :
- Jika PI > 1, maka investasi diterima
- Jika PI<1, maka investasi ditolak

3.3.4 Internal Rate Of Return
Internal rate of return > tingkat pengembalian yang disyarat: DITERIMA
Internal rate of return < tingkat pengembalian yang disyaratkan : DITOLAK.

Keterangan :
P1= Tingkat bunga ke 1
P2= Tingkat bunga ke 2
C1 = NPV ke 1
C2 = NPV ke 2



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar