Senin, 26 November 2012

Metode Riset 1 - Jurnal 1 (Baru)

Nama          : Tuti Handayani
Kelas          : 3EA13 
NPM          : 19210344

Studi Kelayakan Kelangsungan Usaha Jasa Foto Copy Garuda
TEMA        : Studi Kelayakan Bisnis
JUDUL       : Studi Kelayakan Kelangsungan Usaha Jasa Foto Copy  
                     GARUDA          
OLEH         : Fenti Indriani, 2011

I.I  LatarBelakang
Ekonomi negara Indonesia di akhir – akhir tahun ini menunjukkan kondisi yang kurang menggembirakan bagi para pelaku usaha dan masyarakat. Tingginya angka inflasi nasional tahun 2010 menjadikan usaha didalam negeri semakin layu. Dalam kondisi seperti ini, masyakarat semakin takut untuk mengawali suatu usaha. Masyarakat seolah dibayangi oleh ketidak pastian akan kelangsungan usaha yang akan dimulainya. Ditambah lagi persaiangan dunia usaha yang sangat ketat, menjadikan masyarakat lebih memilih untuk mencari pekerjaan yang memliki kepastiaan akan gaji yang ia terima dari perkerjaannya daripada memulai sebuah usaha, seperti menjadi pegawai negeri sipil ataupun karyawan disuatu perusahaan.

1.2 Rumusan dan Batasan Masalah
Bagaimana kelayakan investasi dalam usaha Foto Copy Garuda berdasarkan penilai dengan menggunakan metode  Payback period, NPV,  IRR, PI serta aspek – aspek studi kelayakan bisnis.
Dalam penulisan ini penulis membatasi masalah hanya pada penggunaan metode Payback Period, NPV ( Net Present Value ), IRR ( Internal rate of return ), dan PI ( Profitability index ) berdasarkan pada data-data tahun 2012
1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui kelayakan investasi yang dilakukan untuk di teruskan atau tidak berdasarkan penilaian metode Payback Period, NPV, IRR, dan PI.
1.5.4 Alat Analisis
Metoda yang digunakan penulis bersifat kuantitatif yang dapat dilakukan dengan cara perhitungan yang terdiri dari :
a. Metode Payback Period (PP) adalah mengukur seberapa cepat investasi bisa kembali
b. Metode Net Present Value (NPV) adalah menghitung selisih nilai sekarang dengan penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang .
c. Profitability Indeks (PI) adalah menghitung perbandingan antara nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang dengan nilai sekarang investasi.
d. Internal Rate of Return (IRR) adalah untuk mencari tingkat bunga yang menyamakan nilai sekarang dengan arus kas yang diharapkan di masa datang, atau penerimaan kas .
2.1  Kerangka Teori
2.1.1  Pengertian Manajemen
                  Manajemen adalah usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahn, dan pengendalian. ( Harold Koontz dan Cyril O’donnel, 2005 ).

Berikut ini penulis akan mengutip lima fungsi manajemen yang dikemukakan oleh  Henry Fayol ( 2001: Hal 12 ),  yaitu :
  1. Perencanaan
     Perencanaan dapat diartikan sebagai suatu proses untuk menentukan tujuan serta sasaran yang ingin dicapai dan mengambil langkah – langkah strategis guna mencapai tujuan tersebut. Melalui perencanaan seorang manajer akan dapat mengetahui apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana cara untuk melakukannya.
  1. Pengorganisasian
     Pengorganisasian merupakan proses pemberian perintah, pengalokasian sumber daya serta pengaturan kegiatan secara terkoordinir kepada setiap individu dan kelompok untuk menerapkan rencana.
  1. Pengarahan
    Pengarahan adalah proses untuk menumbuhkan semangat (motivation) pada karyawan agar dapat bekerja keras dan giat serta membimbing mereka dalam melaksanakan rencana untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien.
  1. Pengendalian
     Bagian terakhir dari proses manajemen adalah pengendalian (controlling). Pengendalian dimaksudkan untuk melihat apakah kegiatan organisasi sudah sesuai dengan rencana sebelumnya.
3.1 Profil Objek Penelitian
            Lokasi pembukaan usaha fotocopy GARUDA berada di Jl Pemuda No. 55, Kranji, Bekasi Barat.
3.2 Data / Variabel
Data yang diteliti adalah Data yang diambil dalam penelitian ini berdasarkan dari hasil laporan pengeluaran dan pemasukan tahun 2012 jasa Foto Copy Garuda,  yang mengenai kelayakan investasi dapat terus dilanjutkan atau tidak.
3.3  Alat Analisis
3.3.1  Payback Period      
Menurut Husein Umar (2003; Hal 197), Payback Period adalah suatu periode yang diperlukan untuk menutup kembali pengeluaran investasi (initial cash investment) dengan menggunakan aliran kas, dengan kata lain payback period merupakan rasio antara initial cash investment dengan cash inflownya yang hasilnya merupakan satuan waktu. Selanjutnya nilai rasio ini dibandingkan dengan maximum payback period yang dapat diterima.
Rumus:                      

Nilai Investasi
Payback Period =                                              x 1 Tahun
Proceed

1) Investasi akan diterima, jika pembayaran kembali < periode pembayaran
kembali maksimum yang diterima.
2) Investasi akan Ditolak, jika pembayaran kembali > periode pembayaran
kembali maksimum yang diterima.
3.3.2  Metode Net Present Value
Rumus :


Keterangan :
PV Proceed = DF x Proceed
PV Outlays = Harga perolehan atau Harga beli


3.3.3  Profitability Index
Rumus yang digunakan dalam Profitability Indeks :


Kriteria penilaian :
- Jika PI > 1, maka investasi diterima
- Jika PI<1, maka investasi ditolak

3.3.4 Internal Rate Of Return
Internal rate of return > tingkat pengembalian yang disyarat: DITERIMA
Internal rate of return < tingkat pengembalian yang disyaratkan : DITOLAK.

Keterangan :
P1= Tingkat bunga ke 1
P2= Tingkat bunga ke 2
C1 = NPV ke 1
C2 = NPV ke 2

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar