Jumat, 03 Mei 2013

Tulisan 3 ( Bahasa Indonesia 2)


Nama               : Tuti Handayani
Kelas               : 3EA13
NPM               : 19210344

Guru Pesantren Kilat di Bulan Suci Ramadhan

            Saya pernah 2 kali menjadi guru pesantren kilat pada bulan suci Ramdhan di SMA 4 Bekasi. Yaitu pada tahun 2011 dan 2012. Di mana acara sanlat ini diadakan dalam waktu 3 hari. Di sini saya mengajarkan tentang agama: ibadah syariah, aqidah akhlak, tajwid, baca al-qur`an.  Saya mulai mengajar dari jam 07.00 s/d 12.30. Pembagian materi dilakukan di malam hari, dan kita harus mempersiapkan materi yang akan diajarkan esok hari di malam hari itu. Di dalam sanlat ini pelajaran pokoknya adalah al-qur`an. Jadi dalam 3 hari ini murid-murid dianjurkan untuk membaca al-qur`an, bahkan di wajibkan untuk mengkhatamkan al-qur`an, walupun banyak dari mereka yang belum bisa mengkhatamkannya hanya dengan waktu 3 hari. Sebelum mengajar guru-guru melakukan rapat terlebih dahulu mempersiapkan apa yang akan dilakukan nanti terhadap murid, dan berdoa bersama. Selesai mengajar guru-guru pun mengadakan evaluasi.
            Saya merasa senang bisa menjadi guru sanlat di sekolah SMA 4 ini. Karena dengan ini saya bisa membagi ilmu yang saya dapat dan yang saya punya. Selain itu ini merupakan pengalaman dalam hidup saya, menjadi guru cilik walaupun hanya dalam waktu 3 hari. Walaupun murid yang saya ajarkan umurnya tidak jauh dari umur saya, tetapi mereka sangat menghormati. Walupun ada beberapa di antara mereka yang sedikit meremhkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar