Selasa, 23 Oktober 2012

Latar Belakang Masalah (Metode Riset)

-->
Nama            : Tuti handayani
KLS             : 3EA13
NPM            : 19210344

        TEMA  :  Kepuasan Konsumen Dalam Pelayanan di Bidang                   
                       Waralaba Berbentuk Retail Mini Outlet

1.1  . Latar Belakang
Di zaman era modern ini telah kita ketahui bahwa perekonomian semakin meningkat, krisis moneter merajalela, semua harga pokok bahan pangan, sandang, papan pun meningkat dari harga sebelumnya. Di bandingkan dengan zaman dahulu yang mana harga masih di atas normal tidak membuat rakyat menderita, tidak seperti sekarang di zaman modern ini. Selain itu pada zaman ini lapangan kerja pun semakin berkurang, sehingga menimbulkan banyaknya pengangguran. Dan di zaman era modern sekarang ini persyaratan penerimaan karyawan minimal pendidikan D3 atau S1. Sedangkan tidak seluruh masyarakat di duinia ini mampu melanjutkan sekolahnya ke jenjang D3 atau S1. Hal ini menimbulkan banyaknya pengangguran, tetapi banyak juga dari mereka yang mendirikan usaha-usaha kecil, seperti : warung kopi, warung sembako, toko bahan pangan dan lain sebagainya, karena mereka berfikir jika menganggur maka tidak ada pemasukan uang untuk kelangsungan hidup mereka maka dari itu mereka membuka usaha sendiri. Karena dengan membuka usaha sendiri tidak diperlukan atau persyaratan ijazah kita hanya butuh modal, keberanian, dan sebuah ide cemerlang untuk kelangsungan usaha jangka panjang yang akan dijalankannya.
Tetapi setelah diselidiki ternyata keuntungan dari usaha kecil tersebut tidak sebanding dan tidak sebesar dari keuntungan usaha waralaba. Karena usaha waralaba merupakan sistem duplikasi kesuksesan bisnis dari franchisor yang notabene telah memiliki usaha yang terbukti sukses, memiliki merek yang cukup terkenal dan memiliki system duplikasi kesuksesan usaha(SOP) kepada entrepreneur (franchise) yang belum mengerti dan paham tentang bisnis. Pendek kata adanya franchise memudahkan orang untuk menjadi entrepreneur dan yang lebih dasyat lagi, tingkat keberhasilan usaha relatif lebih besar bila dibandingkan dengan memulai usaha sendiri dari nol.trans “Waralaba”, Apa Keuntungannya?trans “Waralaba”, Apa Keuntungannya?Usaha waralaba itu terdiri dari beberapa jenis usaha tetapi yang akan penulis bahas dan yang dimaksud di sini adalah usaha waralaba dalam bentuk retail mini outlet seperti : alfamart, indomart, yomart. Sekarang mini outlet seperti : alfamart, indomaret, yomart sudah banyak ditemukan di mana-mana. Bahkan warung-warung kecil merasa tertindas dengan adanya banyaknya bermunculan minioutlet di setiap sudut daerah, karena hampir setiap 500M setelah pasar tradisional terdapat mini outlet. Karena memang usaha ini adalah usaha yang menjanjikan dengan keuntungan yang besar, karena setelah ditelaah ternyata ada beberapa alasan yang cukup layak untuk mempertimbangkan bisnis mini outlet sebagai salah satu pilihan.
Dengan banyaknya mini outlet disetiap daerah disambut hangat oleh masyarakat, karena kebanyakan dari masyarakat lebih memilih berbelanja di mini outlet tersebut dibanding di warung-warung kecil. Karena fasilitas yang diberikan oleh mini outlet ini memberikan kepuasan sendiri di mata pelanggan. Seperti : tempat, kenyamanan, harga, promosi-promosi dan lain sebagainya. Maka sang pengusaha mini outlet ini pun harus selalu memberikan ide-ide yang dapat membuat konsumen selalu puas bahkan ketagihan bila berbelanja. Karena bila konsumen merasa puas maka konsumen akan terus menerus berbelanja di suatu mini outlet tersebut tidak akan berpindah – pindah tempat belanja. Yang mana hal ini akan menghasilkan sisi positif di mata konsumen dan memberikan keuntungan bagi sang pengusaha mini outlet tersebut.
Maka pengusaha mini outlet harus memikirkan bagaimana cara untuk tetap memberikan kepuasan dan menarik perhatian konsumen. Pengusaha mini outlet seharusnya selalu memberikan program- program yang dapat memberikan konsumen lebih puas dan nyaman berbelanja di outlet tersebut. Tetapi program – program ini bukan yang dapat merugikan konsumen. Jangan sampai memberikan efek negatif kepada konsumen karena itu akan mengakibatkan kehilangan konsumen dan kerugian dalam bisnis ini.
1.2    . Perumusan Masalah
1.      Apa alasan para entreperneur untuk memilih bisnis waralaba mini outlet sebagai pilihan bisnisnya?
2.      Mengapa mini outlet / mini market banyak didirikan di setiap sudut, dan harus 500M setelah pasar tradisonal?
3.      Program – program apakah yang dapat memberikan kepuasan pada konsumen dan dapat menarik perhatian konsumen untuk berbelanja?

1.3    . Tujuan
1.      Untuk menganalisis hal-hal apa saja yang dapat memberikan kepuasan pada konsumen saat berbelanja di mini outlet/mini market
2.      Untuk mengetahui suatu kelayakan konsumen berbelanja di suatu mini outlet/mini market









Tidak ada komentar:

Posting Komentar