Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Alfamart
di Bogor
Tema : Kepuasan Konsumen
Masalah : Cara membentuk kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada
Masalah : Cara membentuk kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada
Alfamart di Bogor
Judul : Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada
Judul : Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada
Alfamart di Bogor
Pengarang : Wahyu stevanus
Tahun : 2012
Pengarang : Wahyu stevanus
Tahun : 2012
a) Latar Belakang
Pelayanan konsumen sangat penting
artinya bagi kehidupan suatu perusahaan, karena tanpa konsumen, maka tidak akan
terjadi transaki jual beli diantara keduanya. Untuk itu kegiatan pelayanan,
perusahaan haruslah berorientasi pada kepuasan konsumen, kepuasan konsumen
dapat memberikan kontribusi kepada perusahaan dalam meningkatkan pendapatan
jangka panjang.
b) Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah :
1) Bagaimana kualitas pelayanan karyawan pada Alfamart bogor?
2) Bagaimana kepuasan konsumen terhadap Alfamart bogor?
3) Apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap
kepuasan konsumen
Pada alfamart di Bogor
c) Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui :
1) Untuk mengetahui kualitas pelayanan karyawan pada Alfamart bogor.
2) Untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap Alfamart bogor.
3) Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan karyawan terhadap
kepuasan konsumen
Pada alfamart di Bogor
d) Metode penelitian yang digunakan
adalah
Metode survey dengan jenis penelitian
asosiatif yaitu penelitian yang menyatakan hubungan sebab akibat, diantara
variabel X (kualitas pelayanan karyawan) akan mempengaruhi variabel Y (kepuasan
konsumen) yang diteliti secara sistematis dan akurat.
e) Objek yang menjadi sampel dalam
penelitian ini adalah
Konsumen pada Alfamart bogor,
populasi dari penelitian ini berjumlah 1680 orang dan sampel yang diambil
sebanyak 10% dari 1680 adalah 168 orang dengan taraf kesalahan 5%, teknik
pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan instrument
penelitian digunakan skala likert.
Sedangkan teknik analisa data
dilakukan dengan menggunakan pengujian validitas yang menggunakan rumus uji
korelasi product moment, kemudian realibilitasnya menggunakan teknik split half
( teknik belah dua). Analisa statistik yang digunakan adalah koefisien korelasi
product moment dan regresi linear sederhana dan pengujian hipotesis statistik.
Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan adanya pengaruh positif antara kualitas pelayanan karyawan terhadap
kepuasan konsumen pada Alfamart bogor. Koefisien korelasi r hitung sebesar
0,524 pada pola persamaan regresi linear sederhana Y = 16,479 + 0,508 X. Dengan
demikian dapat disimpulkan, bahwa kualitas pelayanan karyawan dapat
mempengaruhi kepuasan konsumen, dengan kata lain, perusahaan harus melakukan
pelayanan yang baik jika ingin terus mendapatkan keuntungan dari kepuasan
konsumen tersebut.
Penetrasi terhadap alfamart:
Harus lebih ditingkatakan lagi
produk-produk yang dikirim oleh distributor agar kebutuhan konsumen tetapa
tersedia di alfamart sehingga konsumen tidak emmilih tempat lain karena
kebutuhan mereka sudaj trsedia di alfamart terdekat
Persepsi terhadap alfamart:
Terkadang ada saja barang yang tidak
barang yang sedang dibutuhkan yang di jual di alfamart. Ac yang di gunakan pun
terkadang tidak berfungsi sehingga membuat para konsumen merasa tidak nyaman
sebaiknya sarana dan prasananya yang ada di alfamart segera diperbaiki
agar konsumen tidak memilih tempat belanja lain selain alfamart
Positioning terhadap alfamart:
Alfamart ini menjual harga-harga yang
memang terjangkau oleh kantong siapapun jadi semua kalangan pun bisa membeli
barang yang mereka butuhkan di alfamart ini
Kelebihan:
1. Tempatanya terjangkau
2. Karyawannya ramah
3. Selalu benar dalam menghitung pembelian
4. Terkadang mengadakan potongan – potongan harga
Kelemahan:
1. Barang kurang lengkap
2. Sarana dan prasaran yang terkadang tidak berfungsi
3. Tidak adanya orang untuk menjaga parkir
Analisis:
Sebagai pengecer sebaiknya selalu
memnuhi keperluan para konsumen karena jika kebutuhan konsumen tersebut tidak
tersedia maka konsumen pun akan merasa enggan untuk datang ke alfamart
itu.
Sumber : http://wahyu-stevanus.blogspot.com/2012/03/analisis-jurnal-2_12.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar